Sama dengan pelihara kucing, ikan hias air tawar jadi hoby yang banyak disukai. Pelihara ikan hias air tawar tidak begitu menyusahkan.

Tipe ikan hias air tawar terdapat beberapa. Ada yang dapat digabung pada sebuah akuarium tapi ada pula ikan hias air tawar yang sejenis predator hingga tidak dapat digabungkan dengan ikan yang lain.

1. Ikan Guppy

Ikan hias air tawar yang paling indah ini dapat pilih ikan guppy. I Ada beberapa macam ikan guppy yang sangat terkenal yaitu Blue Moscow, Black Moscow, Blue Japan, Metal Lace Thailand sampai Cobra yang bermotif menonjol.

2. Ikan Discus

Ikan discus mempunyai bentuk badan yang berupa lingkaran yang pipih.

3. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki mempunyai benjolan di kepala serta perutnya. Kecuali kekhasan itu, ikan mas koki mempunyai bentuk ekor yang unik.

Ikan mas koki pas dipadukan dengan tipe ikan lain sebab karakternya ramah serta tidak agresif.

4. Ikan Molly

Ikan hias air tawar kecil ini namanya ikan molly.

5. Ikan Corydoras

Ikan ini seperti seperti ikan sapu-sapu dengan ukuran 120 mm.  Tetapi ikan corydoras ini gampang untuk bergaul hingga dapat digabung dengan ikan hias air tawar yang lain. Ikan tipe ini masuk ke kelompok ikan yang gampang dirawat.

6. Ikan Manfish

Ikan hias air tawar paling indah ini mempunyai bentuk yang unik. Beberapa ciri ikan manfish ini berupa pipih serta siripnya yang memanjang dan memiliki banyak warna. Ikan manfish pas jadi penghias akuarium ditambah lagi harga dapat dijangkau.

7. Ikan Koi

Paling terkenal di golongan penggemar ikan hias. Bukan hanya memiliki bentuk namun corak dari ikan koi yang unik jadikan ikan ini berharga mahal. Walau ukurannya bisa jadi membesar, tetapi ikan koi ini termasuk juga ke tipe ikan aquascape yang bisa digabung dengan ikan-ikan yang lain pada sebuah tempat.