Kita harus sekolah daring. Kerja daring. Gurau daring. Nangis daring. Nge-date daring. Ngumpul daring. Ekaristi daring. Wisuda daring. Cek up daring. Ngaji daring. Berbelanja daring. Dari dapur sampai ruangan tamu, semua daring. Dari kamar mandi sampai kamar tidur, disulap daring. Kita dalam jaringan (daring).

Semasa kita dikendalikan Covid-19, kita harus masuk ke jaringan. Kita diinstruksi untuk menyesuaikan. Kita masuk ke masa kenormalan baru – “new normal on daring.” Ekonomi beralih daring – “new economy” (ekonomi daring). Semua ketetapan disemayamkan dalam jaringan. Tidak ada yang diselinapkan. Yang jauh, terasanya dijengakal serta dipanggil.

Walau masuk ke jaringan (daring), ketetapan klinis masih dibawa dan: salah satunya serta yang penting, yaitu memakai masker. Berjumpa daring masih patuhi prosedur pemerintah: pakai masker. Cocok luring (luar jaringan), kita dipantau. Anehnya, dalam jaringan (daring), kita masih dipantau. Satu kali lagi, janganlah lupa pakai masker. Bila Anda diketahui tidak bermasker walau daring, Anda bersiap diviralkan serta dibully habis-habisan.

Di tempat keperluan primer, seperti makan, jalan keluar daring bak mujizat. Orang ‘tak lagi memasak, toh masak daring. Tinggal click, makanan sampai di meja. Menarik, tetapi menumpuk malas. Cepat, tetapi menyingkir kodrat. Enak, tetapi menyantun lemak. Daring memang menolong di satu bagian, tetapi di lain sisi mengungkung kreasi.

Di bilik transportasi, skema daring menolong. Setiap hari, saya bisa mengubah merek kendaraan serta supir pribadi. Dengan skema transportasi online, saya dapat pesan grab atau gojek dengan mode kendaraan tidak sama dalam satu hari. Tidak cuman motor atau mobil baru, “new driver” bertukar. Ditambah lagi bila saya mendapatkan “driver” seorang dosen. Saya malah mendapatkan kuliah gratis bermodalkan penghargaan atau nukar point. Sisi ini, mahasiswa tahu baik.

Skema daring ya demikian. Tetapi sekolah daring, malah memilukan. Ongkos operasional untuk sekolah saat ini bertambah gemuk. Kecuali berat finansial untuk pendidik,